Mengatasi Komputer Error Dengan CHKDSK

Scandisk adalah salah satu aplikasi yang paling umum dibundel dengan sistem operasi seperti Windows. Ini adalah sebuah aplikasi yang memeriksa kesalahan dan bad sector pada hard disk komputer. Setelah Scandisk menemukan kesalahan dalam hardisk, ia akan berusaha untuk memperbaikinya.

Ada sejumlah kesalahan yang dapat ditemukan di dalam hard disk. Antara lain:
  • Sistem sering crash, macet.
  • Aplikasi sistem kritis yang telah benar ditutup
  • Keberadaan program berbahaya seperti virus, trojan, dll
Mengatasi Komputer Error

Apa yang dilakukan Scandisk?

Scandisk dirancang untuk memperbaiki sektor hard disk yang rusak dan cluster pada hard disk komputer Anda. Mayoritas kesalahan yang terdeteksi dapat dipulihkan. Ketika Scandisk menemukan cluster yang buruk atau rusak selama scan, ia akan memindahkan informasi yang disimpan dalam cluster ke lokasi baru pada hard disk komputer. Scandisk juga mengecek dan memperbaiki integritas sistem file seperti FAT, FAT32, NTFS, dll.
Scan Disk membutuhkan akses eksklusif ke drive ketika dijalankan. Oleh karena itu, jika ada satu atau lebih file yang terbuka pada drive yang ingin Anda scan, Scandisk akan menampilkan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin menjadwalkan pemeriksaan drive untuk waktu berikutnya saat Anda me-restart komputer Anda.
Setelah Scan Disk selesai tugasnya, ia akan memberi laporan yang berisi kesalahan yang telah ditemukan dan jumlah ruang disk yang telah dipindai. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk menggunakan aplikasi Scandisk agar memastikan bahwa data mereka aman dari kerusakan. Selain itu, supaya komputer mereka bekerja optimal.
Versi Scan Disk awal muncul di MS DOS 6.2. Pada Windows 95 dan 98, Scandisk diberi antarmuka pengguna grafis (GUI). Dalam lingkungan grafis, maka pengguna dapat menemukan:
  • indikator proses
  • tombol
  • informasi mengenai status scan dan kesalahan (jika ada)

Cara Menjalankan Scandisk di Windows7, Windows 10

CHKDSK dapat diakses melalui GUI atau Command Prompt.

Jalankan CHKDSK Menggunakan User Interface grapical (GUI)

  1. Pilih Computer dari menu Start.
  2. Klik kanan drive yang akan diperiksa, kemudian klik Properties.
  3. Pilih Tools lalu klik tombol Check Now.
Jika drive komputer sedang digunakan, Sistem Operasi akan menampilkan menu dialog yang menanyakan apakah Anda ingin menjadwalkan scan penuh saat menyalakan komputer berikutnya.

Jalankan CHKDSK dari DOS Command Prompt

Sebagai alternatif, CHKDSK dapat dijalankan dari DOS atau Command prompt pada sistem operasi Windows 7/10.
  1. Buka DOS prompt pada komputer Anda dengan memilih Start dan Run.
  2. Ketikkan cmd diikuti dengan tombol Enter untuk membuka command prompt.
  3. Masukkan chkdsk c: untuk memulai pemeriksaan sistem hard disk lokal. Jika Anda menginginkan semua kesalahan harus diperbaiki melalui DOS prompt, masukkan "CHKDSK c: / F / R" untuk menemukan dan memperbaiki semua kesalahan pada drive lokal. Jika harddisk Anda diberi label dengan huruf yang berbeda dari "c" maka gantilah huruf dalam contoh diatas dengan huruf harddisk yang sebenarnya pada komputer Anda.
Semoga manfaat.

3 comments:

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.