Cara Merawat Laptop Supaya Awet

Sungguh menjengkelkan jika saat kita dibutuhkan tiba-tiba laptop jadi error. Agar hal ini tidak terjadi maka perawatan yang rutin terhadap laptop dapat membuatnya awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini kami berikan tips-tips merawat laptop yang bisa Anda lakukan sendiri.


Tips Merawat Laptop

  • Gunakan pelindung keyboard agar terlindungi dari air, debu dan lainnya. Jika anda tidak memiliki pelindung keyboard, cara membersihkan keyboard ialah dengan menggunakan kuas kemudian sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan debu, atau dengan menggunakan vacum cleaner portabel.
  • Gunakan kain yang telah dibasahi cairan pembersih kaca untuk membersihkan tombol keyboard.
  • Gunakan Screen protector pada layar laptop agar tidak tergores dan terkena debu. Jika anda tidak menggunakannya, cara membersihkannya ialah gunakan cairan pembersih kaca, semprotkan pada kain yang halus atau katun dan jangan menyemprotkan langsung pada layar karena dapat menyebabkan permukaan LCD belang, bersihkan searah dan jangan menekan terlalu keras.
  • Gunakan kipas angin laptop agar laptop tidak cepat panas.
  • Gunakan tas laptop yang aman, yang menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.

Perawatan secara Software:

  • Memasang scan antivirus, agar laptop anda aman dari virus, jika anda mendownload software dari internet sebaiknya berhati-hati dalam mendownload,dan scan software tersebut dengan antivirus sebelum digunakan. Jangan lupa untuk selalu update antivirus sebelum digunakan.
  • Lakukan defragmenting dan disk cleanup agar laptop tidak lambat.

Hal-hal yang harus dihindari:

  • Terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat merusak komponen-komponen laptop.
  • Meletakkan benda diatas laptop, terutama yang mengandung cairan.
  • Meletakkan laptop di sekitar sumber medan magnet seperti handphone, tv, radio dan lainnya karena akan merusak komponen hardisk.
  • Menyalakan laptop bersamaan dengan mengisi baterai ke listrik, agar baterai laptop anda tidak bocor, gunakan laptop pada saat baterai telah terisi. 
  • Memindahkan laptop dalam keadaan hidup, karena dapat menyebabkan  head harddisk menggores cylinder.

Tips Komputer

12 comments:

  1. Keren gan.. makasih infonya? Oh ya, ane mau tanya bagaimana jika partisi D hilang? Cara mengembalikannya bagaimana tapi data tidak hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan tentang hal itu agak panjang dan belum saya buat tutorialnya. Coba googling dengan keyword 'data recovery' Good luck.

      Delete
  2. tips yang sangat berguna sobat
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. .: nice info Mas Broo, mudah2-an laptop kita semakin awet & lancar...^_^

    ReplyDelete
  4. tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk menjaga keawetan laptop. kadang kita tidak suka merawt laptop karena kesibukan atau malas. dengan tips ini, kita bisa tahu betapa penting merawat laptop dengan cara yang baik supaya tetap awet. terima kasih telah berbagi info keren ini.

    ReplyDelete

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.