Cara Mengubah Urutan Boot di GRUB Loader Linux

Artikel kali ini saya bagikan cara untuk mengubah urutan boot di GRUB Linux. Mungkin anda yang baru menginstall Linux dengan dual boot akan membutuhkannya seperti saya.
Saat kita menginstall Linux berdampingan dengan Microsoft Windows maka kondisinya adalah sebagai berikut:
  • Pada Windows XP maka otomatis maka Booting Grub otomatis akan di ambil alih oleh GNU/Linux OS.
  • Sementara untuk Microsoft Windows 7, tergantung OS apa yang di install terlebih dahulu. Jika Windows 7 di install setelah GNU/Linux OS maka urutan booting grub akan otomatis ke Windows 7 dahulu. Begitu juga sebaliknya.
  • Hal ini tidak berlaku pada Microsoft Windows 8, 8.1, dan Microsoft Windows 10. Karena pada OS tersebut terdapat fitur untuk melindungi atau semacamnya yang disebut Safe Boot. Jadi meskipun GNU/Linux OS di install setelah Microsoft Windows OS terpasang, maka akan auto-boot ke Microsoft Windows OS. Anda bisa menggunakan Easy BCD, namun saya tidak membahasnya disini.
GRUB (Grand Unified Boot Loader) merupakan bootloader yang sering digunakan pada GNU/Linux OS. GRUB mengizinkan user GNU/Linux untuk memiliki lebih dari satu OS yang berbeda didalam komputer, dan GRUB juga memperbolehkan user untuk memilih OS manakah yang ingin djalankan.

Namun bila anda ingin mengubah default booting pada GRUB tersebut, maka anda harus masuk ke GNU/Linux OS dan mengubah daftar konfigurasi GRUB.

Buka terminal GNU/Linux dan masukkan perintah berikut :
sudo nano /boot/grub/grub.cfg

Maka akan muncul editor GNU Nano file GRUB Loader. Selanjutnya cari angka urutan default booting GRUB, biasanya ditandai dengan angka 0 karena default bootingnya adalah GNU/Linux OS pada urutan pertama.


Sesuai gambar diatas ubah angka pada set default="0"

Perlu diperhatikan angka urutan pada GRUB Loader dimulai dari 0, bukan 1. Ubah angka nol tersebut sesuai dengan daftar urutan pada GRUB Loader, sehingga nantinya akan menjadi otomatis didahulukan. Simpan file konfigurasi dengan menekan tombol CTRL + O dan tekan Enter untuk konfirmasi.
Restart komputer anda dan lihat hasilnya.
Semoga manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.