Cara Menghapus Grub Bootloader dari Windows 10

Laptop saya menggunakan dua OS, yaitu Linux Mint dan Windows 10. Lalu kemudian saya ingin menghapus Linux karena saya membutuhkan ruang hardisk yang lebih. Namun saya tidak ingin menghapus Windows 10 apalagi kehilangan data-data saya.
Saya menjelajah kesana kemari mencari informasi cara menghapus Linux dan GRUB yang aman, seperti yang anda lakukan sekarang 😂. Setelah menemukan cara hapus GRUB Linux yang menurut saya meyakinkan. Akhirnya saya praktekkan dan ternyata berhasil 100%.

Cara Menghilangkan GRUB dari Windows

Ikuti cara berikut untuk membuang GRUB dari Windows 10.

Langkah 1: Gunakan Disk Management untuk membersihkan hardisk.

Buka Disk Management bawaan Windows 10,  lalu hapus partisi tempat Linux diinstall. Kemudian format partisi tersebut sehingga menjadi primary drive kosong.

Langkah 2: Command Prompt pada mode Administrator.

Pada Windows 10, Windows 8, dan Windows 7 - carilah shortcut Command Prompt, klik kanan dan pilih Run as administrator. Ingat, jangan menggunakan Powershell namun Command prompt saja.

Langkah 3: Memperbaiki MBR bootsector Windows 10.

Ketikkan perintah berikut untuk menghapus GRUB bootloader dari bootsector pada MBR dan mengembalikannya menjadi Windows bootloader. Pada Command Prompt (Administrator) ketik:
  C:\> bootsect /nt60 <drive name>: /mbr   

Apabila drive Windows anda adalah C:\ maka ketikkan seperti ini:
  C:\> bootsect /nt60 C: /mbr  

Sudah begitu saja. GRUB akan hilang dari MBR, restart dan selesai.
Semoga manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.