Merapikan File Dengan Free Smart Defrag

Makin lama performa komputer makin turun. Itu biasa. Salah satunya adalah karena bagian file-file dalam hardisk yang letaknya terpencar-pencar (fragment) tidak berurutan sehingga memperlambat proses  baca tulis data di hardisk. Akibatnya menurunkan kecepatan sistem secara keseluruhan. Laptop jadi terasa lambat bin lemot.
Tampilan Smart Defrag 2.7

Ilustrasinya, jika kita meletakkan koleksi buku di rak namun tanpa urutan (indeks) yang rapi maka akan memperlama proses pencarian sebuah atau beberapa buku yang kita inginkan. Dalam kasus ini buku anda terpencar (fragment) dan perlu dirapikan (defragment). Defragmenter adalah software yang melakukan defragment. Salah satu defragmenter gratis yaitu Smart Defrag buatan IObit.
Windows sendiri mempunyai tool defragmenter bawaan yang berada di Start > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.

Kelebihan yang ditawarkan Smart Defrag ini dibandingkan defragmenter bawaan Windows antara lain:
  1. Defragment page file
  2. Defragment MFT
  3. Defragment system file
Hal-hal diatas bisa dilakukan karena proses defrag dilakukan pada saat komputer baru menyala (booting). Sedangkan defrag biasa dijalankan di Windows.
Saran: Sebaiknya sebelum defrag lakukan scandisk dulu untuk menghindari adanya kesalahan data di hardisk. Jika belum tahu caranya baca disini : Mengatasi komputer error dengan scandisk

Ada tiga menu pilihan defrag dalam Smart Defrag 2, yaitu:
  • Hanya Defrag, melakukan defrag tanpa optimasi penempatan file.
  • Defrag dan Fast Optimize, defragment file yang terfragmentasi dan secara cepat mengatur data di hardisk untuk mendapatkan ruang kosong  untuk mendapatkan kinerja yang optimal
  • Defrag dan Fully Optimize, defrag file dan mengatur data untuk meningkatkan performa program yang sering diakses. Sebagai catatan, yang ini prosesnya lebih lama.
Smart defrag ini mudah digunakan untuk orang yang awam teknis sekalipun. Tinggal download software ini secara gratis, untungnya dan install di laptop Anda.

Link Donwload disini  http://www.iobit.com/iobitsmartdefrag.html

Nama: Smart Defrag
Pembuat: IObit
Lisensi: Gratis
Versi: 2.7 ( update Maret 2013)
Website: www.iobit.com
Dukungan OS: Windows 2000, Win XP, Vista, Windows 7, Windows 8

Video Smart Defrag

Sumber: http://carapas.blogspot.co.id/2013/03/merapikan-file-dengan-free-smart-defrag.html

2 comments:

  1. thank's bro 4 ur link smart defrag wes tak donlod,instal trus trial,....good app

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx wes mampir bro, smoga lancar nih usaha kapalnya

      Delete

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.