Cara Aman Menyimpan Dan Mengirim File

Ini adalah tips sederhana untuk bertukar file rahasia atau dokumen penting yang sudah saya praktekkan. Cara ini akan membuat pusing para black hat alias hacker-hacker nakal. Gunakan minimal salah satu cara di bawah ini untuk keamanan data anda. Jika mungkin maka amankan hingga maksimal.


Cara aman menyimpan dan berbagi file

  1. Gunakan sandi pada dokumen. Contohnya dokumen Microsoft Word, sudah dilengkapi fasilitas penyandian. Gunakan sandi yang kuat. Lihat: Cara membuat sandi.
  2. Ubah nama file dan ektensinya untuk menyamarkannya jenis file. Misalkan, dari nama neraca.xls ubah menjadi lagu.mp3
  3. Masukan data anda dalam folder kompresi. Jika mungkin gunakan software seperti 7zip, Winzip, atau Winrar. Sandi dan enkripsi nama filenya. Lihat: Cara kompresi file.
  4. Menggunakan Bitlocker bawaan Windows 10 atau software seperti Veracrypt, FolderLock, untuk membuat folder terenskripsi.
  5. Jika bertukar file lewat internet, gunakan website atau software dengan reputasi bagus tapi beritahukan sandi ke teman melalui media berbeda seperti telepon atau sms.

Dengan cara diatas maka penyandian akan menjadi berlapis sehingga menyusahkan software pemecah sandi. Tetaplah cermat dan berhati-hati.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.