Cara Mengecilkan File Komputer Agar Hemat

Masih banyak pengguna komputer pemula belum mengetahui bagaimana cara memadatkan ukuran file. Padahal ini sangat penting sebagai pengetahuan dasar yang mesti diketahui bagi semua pengguna komputer. Bagaimana menyimpan file berukuran besar menjadi file yang lebih kecil jumlah byte-nya.

Ilustrasinya: Anggaplah file-file itu pakaian dan folder kompresi adalah kopernya. Kita memasukkan pakaian ke dalam koper sambil ditekan-tekan sehingga ukurannya mengecil atau padat.
File terkompresi dapat menghemat ruang penyimpanan dan lebih cepat ditransfer ke komputer lain daripada file yang tidak terkompresi. Anda juga dapat menggabungkan beberapa file ke dalam folder dikompresi tunggal, sehingga lebih mudah untuk membagikan sekumpulan file, karena Anda hanya perlu melampirkan satu folder ke pesan e-mail, bukan beberapa file.

Folder kompresi terlihat sebagai file berektensi 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, WIM, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR, dan Z.

Manfaatnya akan semakin terasa saat kita mengarsipkan file-file lama, membuat data cadangan, terutama saat bertukar file lewat internet. Hemat tempat, hemat waktu, hemat biaya.

Cara Kompresi File Pada Sistem Operasi Windows

1. Pilih file atau folder yang ingin dikompresi.
2. Klik kanan pada file atau folder tersebut, pilih Send To, dan lalu klik Compressed (zipped) Folder.
Terbentuklah sebuah folder baru yang sudah terkompresi dengan ektensi Zip. Untuk mengganti namanya, klik kanan pada folder, klik Rename, dan lalu ketikkan nama baru.

Untuk mengeluarkan kembali filenya (ekstraksi)
1. Pilih folder terkompresi yang ingin diektraksi.
2. Lakukan salah satu langkah berikut:
 - Untuk mengekstrak file tunggal atau folder, klik dua kali folder yang dikompresi untuk membukanya. Kemudian, drag file atau folder dari folder yang dikompresi ke lokasi yang baru.
 - Untuk mengekstrak seluruh isi folder yang dikompresi, klik kanan folder, klik Extract All, kemudian ikuti petunjuk.

Kompresi File Dengan Software 7zip

Disamping cara diatas kita juga bisa menggunakan software pihak ketiga untuk mengecilkan ukuran file. Banyak software kompresi yang bisa kita unduh di internet, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Saya sarankan agar anda menggunakan software berikut:

7-zip

Lisensi: Gratis
Download: http://www.7-zip.org
Sistem operasi: Windows 7 / Vista / XP / 2008 / 2003 / 2000 / NT / ME / 98
Dengan 7zip ini anda bisa mengkompresi file dengan sandi juga enkripsi. Sehingga hanya anda dan orang yang anda ijinkan saja yang bisa membuka folder buatan anda tersebut.
Semoga bermanfaat.

Penulis dan Foto: Kelik Irvan Riyanto

Komputer

5 comments:

  1. kalau file iso buat games bisa gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7zip tidak bisa digunakan membuat file format ISO, namun bisa untuk mengekstrak / dekompresi file-file ISO.

      Delete
  2. klo tu namanya compress file;; yg qw cari turunkan ukuran file tampa mengurangi kuali tas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah , tu bener , aku setuju .
      aku nyari' gimana caranya ngompres file GB jadi MB dengan sangat terkompresi/highly compressed ?
      tu yang baru nama'a hemat ruang dan waktu :)

      Delete

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.