Membuat Komputer Bicara Dengan Visual Basic

Jika Anda sedang belajar bahasa Inggris maka script ini mungkin bermanfaat bagi Anda. Membuat komputer berbicara mengeluarkan suara membaca kata-kata yang Anda ketikan. Istilah Inggrisnya yaitu text to speech. Ini adalah script visual basic yang berjalan di sistem operasi Windows ditulis dengan Notepad dan langsung bisa dijalankan tanpa kompiler.
Dengan memanfaatkan aplikasi bawaan text to speech milik Windows yang bisa Anda cari di control panel. Cobalah dulu hal ini sangat mudah dan menyenangkan.


Lakukan berikut ini:
1. Buka aplikasi Notepad.
2. Ketikan berikut ini (seperti gambar):

Dim message, sapimessage=InputBox("Masukkan teks","Suarakan")Set sapi=CreateObject("sapi.spvoice")sapi.Speak message


3. Jika sudah, simpan dengan pilih File, Save As, ketikan nama file suara.vbs
4. Selesai.

Untuk menjalankannya, klik dua kali file file suara.vbs tersebut. Ketikkan kata-katanya, lalu klik Suarakan. Maka komputer akan berbicara dengan suara default yang ada di text to speech Windows.

Silahkan anda menyalin (copas) sebagian / keseluruhan tulisan ini untuk tujuan yang baik dan benar dengan mencantumkan link http://www.kursuskilat.com/2013/02/membuat-komputer-bicara-dengan-visual.html sebagai sumber. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.