5 Tips Ampuh Keamanan Internet


Internet security. Berselancar di internet adalah kegiatan menyenangkan. Belajar, bekerja, ataupun bermain di banyak tempat dan konten yang bisa kita jelajahi. Namun hal ini bisa berbahaya jika komputer anda tidak dilengkapi software keamanan internet atau istilahnya 'internet security' yang baik. Ancaman virus baru, malware, spyware, jenis baru bermunculan tiap hari.


Sebagai langkah aman berinternet lakukan hal berikut:

  1. Antivirus. Jangan pernah membiarkan komputer Anda tanpa antivirus. Di tengah belantara internet maka Anda akan jadi sasaran empuk yang lezat :) Jika tidak mau beli anti virus, Anda masih bisa menggunakan antivirus gratis.Untuk memudahkan Anda memilih silahkan baca: Daftar Antivirus Gratis Terbaik
  2. Firewall. Tentunya Anda tidak ingin ada hacker menyusup ke sistem Anda dengan mudah. Pasang firewall untuk mengontrol koneksi dan keluar masuknya data dari dan ke komputer Anda. Selain firewall bawaan Windows, Anda bisa mendapatkan software firewall secara gratis dengan mendownloadnya di internet. Gunakan saja kata kunci "free firewall" pada Google.
  3. Proxy. Gunakan proxy jika Anda ingin menyembunyikan identitas alamat ip Anda saat mengunjungi suatu website agar tidak tercatat, gunakan proxy anonymous. Lihat daftarnya di www.freeproxylists.net
  4. Lakukan update rutin. Browser, antivirus, firewall, dan software lainnya perlu diupdate jika ada yang terbaru. Terkadang ada perbaikan celah keamanan oleh pembuat software.
  5. Gunakan otak Anda. Ini adalah pengamanan terbaik. Jangan mengunduh dan menginstal software sembarangan. Banyak software hasil crack yang memasukkan malware dalam programnya. Jangan mengklik apapun, dan segera tutup, jika ada website memberitahu bahwa komputer Anda terkena virus kecuali jika Anda sengaja melakukan scan online.
Nikmati berselancar dan tetaplah berhati-hati!

Kursus Komputer

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.