Sembunyikan File Rahasia Ke Sebuah Foto

Kadang kita menginginkan privasi juga keamanan. Termasuk dalam hal penyimpanan data atau bertukar file. Berikut sedikit tips bagi anda untuk menyembunyikan file rahasia anda ke dalam sebuah file gambar. File yang disembunyikan lebih aman jaga-jaga jika flashdisk hilang atau disalin tanpa ijin

Sebelumnya pastikan bahwa komputer anda telah terinstall WinRar.



1. Kumpulkan file-file anda yang ingin disembunyikan dan kompresi jadi satu dengan menggunakan software Winrar. Misalkan: rahasia.rar.



2. Siapkan sebuah file gambar (jpg), misalkan: bunga.jpg dan letakkan kedua file tersebut (bunga.jpg dan rahasia.rar) dalam sebuah folder yang sama. Contoh di folder D:\KURSUS



3. Buka command prompt yaitu pada Start - Run ketik cmd lalu enter. Kemudian:
  • Ketik d: lalu enter.
  • Ketik cd kursus lalu enter.
  • Ketik copy /b bunga.jpg+rahasia.rar hasil.jpg lalu enter.


4. Setelah itu akan tercipta sebuah file baru dengan nama hasil.jpg. Coba anda buka file hasil.jpg.
Sekilas tidak akan ada bedanya dengan file bunga.jpg milik anda kecuali ukuran filenya yang bertambah besar. Anda tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer anda. Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada sebuah file rahasia didalamnya.


Bagaimana cara membuka file rahasia anda?
Klik kanan pada file hasil.jpg lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK]. Anda akan bisa melihat file rahasia anda dan bisa mengekstraknya seperti biasanya.


0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.