Memilih Jenis Bumbu Yang Tepat untuk Ayam Bakar.

Bumbu yang tepat adalah salah satu kunci lezatnya ayam bakar. Ayam bakar memiliki berbagai jenis bumbu yang bisa Anda gunakan. Pilihlah bumbu yang paling tepat untuk sajian ayam bakar Anda setelah menyimak penjelasan singkat mengenai berbagai jenis bumbu ayam bakar di bawah ini.

Jenis Bumbu Yang Tepat untuk Ayam Bakar

Bumbu Pasta
Bumbu berbentuk pasta adalah bumbu berbentuk bubuk yang dicampur dengan sedikit cairan, seperti minyak. Hasilnya adalah bumbu yang bisa dioleskan di bawah dan di atas kulit ayam, sehingga tidak hanya membumbui kulit ayam, tapi juga daging ayam. Untuk ayam seberat 1 kg, siapkan olesan bumbu sebanyak 250 gram.

Bumbu Saus
Bumbu bakar berbentuk saus cocok dioleskan pada sayap ayam bakar, karena bumbu ini biasanya mengumpul di sela-sela bagian ayam seperti sayap. Saat dibakar, bumbu yang terkumpul ini menjadi terkaramelisasi dan membuat ayam bakar semakin nikmat. Tapi, bumbu berbentuk saus biasanya bersifat manis, sehingga mudah gosong. Karena itu, oleskan bumbu bakar berbentuk saus sekitar 10 menit terakhir waktu ayam dibakar. Untuk membumbui 1,5 kg sayap ayam bakar biasanya dibutuhkan sekitar 300 gram bumbu berbentuk saus.

Bumbu Kering
Bumbu kering biasanya digosokkan pada paha ayam dan menghasilkan kerak yang renyah setelah dibakar. Penggunaan bumbu kering sangat tepat bila Anda tidak memiliki banyak waktu, karena bumbu kering bisa memunculkan rasa pada ayam bakar tanpa harus didiamkan terlalu lama. Delapan potong paha ayam biasanya membutuhkan sekitar 60 gram campuran rempah dan bumbu bubuk.

Bumbu Rendaman
Bumbu rendaman paling cocok untuk membumbui dada ayam. Tapi, bumbu rendaman biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk meresap, sehingga dada ayam perlu direndam selama 1 sampai 8 jam sebelum dibakar. Buatlah rendaman yang mengandung bahan asam seperti cuka atau air perasan jeruk untuk mengempukkan dada ayam, serta minyak untuk menjaga dada ayam tetap juicy saat dibakar. Empat potong dada ayam biasanya membutuhkan sekitar 500 ml bumbu rendaman.

Dengan pemilihan bumbu yang tepat dan sesuai dengan bagian ayam yang dibakar, sajian ayam bakar Anda pasti akan semakin nikmat. Resep ayam bakar andalan Anda pun akan memberikan hasil yang mantap.

Sumber:
http://www.rachaelraymag.com/food-how-to/cooking-tips/how-to-grill-chicken
http://recipes.howstuffworks.com/tools-and-techniques/grilling-chicken2.htm

Artikel Terkait:
* Cara Supaya Daging Ayam Tidak Hancur Saat Dipanggang
* Cara Agar Bumbu Ayam Meresap, Tidak Amis, Garing Dan Empuk

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.