Cara Membuat Kentang Goreng Crispi

Kentang krispi yang disuka banyak orang yaitu kentang goreng yang renyah pada bagian luarnya dan lembut di dalam. Warna kuning sedikit keemasan dan matang. Cara membuat kentang goreng yang renyah dan lembut seperti itu mudah saja.


Ikutilah tips berikut ini:

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah


1. Cuci potongan kentang hingga air cuciannya bening

Kupas kulit kentang hingga bersih, lalu potong sesuai selera. Bisa potong kentang dengan potongan standar french fries, wedges, atau crinkle-cut fries (seperti french fries tapi tepiannya keriting).
Setelah kentang dipotong, bersihkan dalam wadah di bawah air mengalir. Bersihkan kentang sampai air pencucinya bening.

2. Simpan selama 30 menit di kulkas

Setelah kentang dicuci bersih, pindahkan kentang kedalam wadah yang sudah diberi air dingin (atau air diberi es batu). Tambahkan juga perasan lemon.
Air lemon dan penyimpanan kentang bertujuan untuk menghambat proses oksidasi pada kentang, juga dapat membuat tekstur luar kentang menjadi krispi setelah digoreng. Proses ini juga akan membuat bagian dalam kentang matang menyeluruh sebelum luarnya menjadi kecoklatan. Tekstur dan tampilan kentang akan istimewa!


3. Goreng sebanyak dua kali

Tips terakhir yaitu dengan menggoreng kentang 2 kali. Menggoreng kentang dua kali mungkin merepotkan, tapi itulah yang perlu dilakukan untuk menghasilkan tekstur kentang goreng krispi yang sempurna.
Gorengan pertama dilakukan dengan api kecil untuk memastikan bagian dalam matang merata. Tiriskan untuk menurunkan minyak. Proses kedua dilakukan dengan api besar untuk mendapatkan tektur renyah di bagian luar, dan warna keemasan.

Kalau menggoreng hanya sekali dengan api kecil yang kemudian dibesarkan panas apinya, maka kentang bisa menjadi renyah tetapi kurang matang di tengah, atau hanya berminyak dan lemas.

Agar seluruh permukaan kentang matang sempurna plus warnanya coklat keemasan, kentang harus terendam dalam minyak atau istilahnya deep fyer.

Semoga manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.