Tips Kulit Ayam Goreng Renyah Krispi

Kulit ayam goreng yang renyah dan kriuk paling disukai banyak orang. Kulit ayam goreng sering sekali dicari sebagai kudapan saat bersantai. Tak jarang berbagai rumah makan menjual menu kulit ayam goreng sebagai camilan.

Anda ingin coba membuat sendiri kulit ayam goreng? Ikuti tips untuk membuat kulit ayam goreng yang krispi dan gurih lezat!

Tips Kulit Ayam Goreng Renyah Krispi


1. Pisahkan lemak dan kulit ayam

Supaya kulit ayam krispi adalah dengan membuang semua lemak yang ada di bawah kulit ayam. Lemak yang masih tertinggal pada kulit ayam justru bisa menghambat kulit ayam untuk krispi saat digoreng.

Meski tanpa lemak, kulit ayam tetap enak. Selain itu, menghilangkan lemak pada kulit ayam juga mencegah kulit ayam goreng berbau tengik.

2. Rendam dengan air kapur sirih

Tujuan perendaman kulit ayam dalam air kapur sirih yaitu supaya kulit ayam  akan  terasa renyah setelah digoreng.

Langkah dalam proses ini yaitu dengan melarutkan kapur sirih dalam air, tunggu hingga kapurnya mengendap. Air bening di atas endapannya itulah air kapur sirih yang akan digunakan.

Rendam kulit ayam dalam air kapur sirih selama 1 jam. Setelah itu, cuci kulit ayam dengan air mengalir hingga bersih.
Baca juga: Perbedaan Daging Ayam Negeri Dan Ayam Kampung
3. Beri bumbu merica dan garam

Kulit ayam goreng pada dasarnya sudah memiliki rasa yang gurih. Beri sedikit saja bumbu merica dan garam juga sudah cukup. Tapi kalau mau rasanya makin gurih lagi, bisa juga tambahkan bawang putih bubuk. Aduk rata.

4. Celupkan pada kocokan putih telur

Setelah dibumbui, celupkan satu persatu kulit ayam pada kocokan putih telur. Lalu, tiriskan pada wadah atau piring kosong.

Atau jika kulit ayam cukup banyak, tuang sedikit demi sedikit putih telur, aduk rata. Jangan sampai terlalu banyak, yang penting semua kulit ayam sudah dilapisi putih telur.

5. Lapisi dengan tepung beras

Setelah semua kulit ayam dilapisi telur, berikutnya kulit ayam perlu dilapisi tepung beras. Melapisi kulit ayam dengan tepung beras sebelum digoreng berfungsi untuk menciptakan tekstur krispi yang tahan lama.

Ayak tepung di atas kulit ayam, kemudian balik-balik dan ratakan. Taruh kembali kulit ayam tersebut di atas ayakan anda. Lalu, ayak kembali kulit ayam tersebut untuk mengurangi lapisan tepung yang terlalu banyak.
Baca juga: Cara Membuat Kentang Goreng Renyah
6. Goreng deep frying

Panaskan minyak untuk menggoreng kulit ayam. Goreng kulit ayam dengan panas tinggi dan minyak banyak (deep frying) sampai semua kulit terendam minyak.

Karena menggunakan suhu tinggi, menggoreng deep frying akan mencegah kulit ayam jadi gosong. Cara ini juga akan membuat kulit ayam mudah matang merata, tidak berminyak, dan renyah sempurna. Goreng sambil dibalik-balik perlahan hingga garing berwarna coklat keemasan.

Semoga manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.