Cara Memilih Beras Yang Sehat

Beras adalah salah satu makanan pokok yang terbanyak dikonsumsi sebagai salah satu sumber karbohidrat di Indonesia. Di pasaran kita bisa memilih beraneka macam beras. Namun sayangnya, di berita tersiar adanya oknum pedagang yang mencampur beras dengan bahan kimia seperti pemutih. Tentunya ini membahayakan kesehatan.

Tips Memilih Beras

Berikut cara memilih beras:
  • Beras bagus berwarna putih tetapi tidak terlalu putih, ada unsur kekuningannya. Beras yang terlampau putih kemungkinan mengandung zat pemutih. Beras yang terlalu putih nilai kandungan gizinya kurang, karena melalui proses dua kali penggilingan dengan mesin.
  • Beras bagus tidak berbau apek. Untuk itu, sebaiknya Anda mencium beras sebelum membelinya. Sampai saat ini hanya beras pandan wangi yang mengeluarkan aroma harum. Namun jika aromanya terlampau semerbak, mungkin saja beras tersebut sudah dicampur zat pewangi. Karena beras pandan wangi yang mengeluarkan aroma wangi, hanya yang masih baru yang berumur kurang lebih 2 bulan, setelah itu biasanya tak lagi wangi, kecuali jika telah ditanak, maka akan mengeluarkan wangi.
  • Beras bagus jika digigit terasa keras dan tidak rapuh, beras yang rapuh biasanya mengandung air, tidak tahan lama  jika disimpan.
  • Beras bagus jika dicicipi tidak pahit. Rasa pahit ini kemungkinan oleh adanya zat kimia berbahaya.
  • Beras bagus jika diremas dan dilepaskan lagi tidak menempel di tangan Anda. Pastikan tangan anda kering  tidak berkeringat. Jika banyak beras yang menempel, pertanda  bahwa beras itu mengandung zat kimia pelicin.
  • Beras yang baik bebas dari hama, campuran dedak, bekatul,dan benda-benda asing seperti pasir, logam, batu, tanah,jerami dan lainnya.
  • Meski butir beras jika dipegang tersisa serpihan warna putih masih termasuk aman. Jangan takut ketika menemukan beras berciri ini, hal tersebut akibat beras melunak dan wajar saja.
Semoga manfaat
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.