Cara Menonaktifkan Fitur Auto Update Windows 10

Fitur Automatic Updates pada Windows 10 adalah aktif secara default. File-file akan diunduh dari server Microsoft ke komputer kita secara otomatis untuk melakukan update pada sistem operasi Windows 10. Update ini penting dilakukan untuk alasan keamanan, perbaikan, atau peningkatan kinerja sistem

Bagi sebagian orang, terkadang tidak mau update ini dilakukan secara otomatis. Bisa jadi karena kuota data yang sedang pas-pasan, atau sedang sibuk bekerja sehingga tidak sempat menunggu restart komputer kemudian instalasi file yang terkadang cukup lama. Berikut dua cara yang bisa dilakukan untuk memberhentikan fitur Automatic Updates pada Windows 10 secara sementara atau permanen.

Cara menonaktif sementara fitur Automatic Updates

  1. Klik Start > Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced options
  2. Nonaktifkan beberapa fitur seperti "Automatically download updates,..." dan "Pause updates", dengan cara meng-klik kedua tombol tersebut menjadi "Off".

Catatan: Cara ini akan menangguhkan update otomatis selama 35 hari saja. Setelah lewat dari tenggat waktu tersebut, maka Anda diwajibkan untuk memperbarui komputer Anda, sebelum Anda bisa menonaktifkan fitur automatic updates kembali.

Cara menonaktif fitur Automatic Updates secara permanen

  1. Klik  Start, ketik gpedit, lalu tekan tombol Enter. 
  2. Pada halaman Local Group Policy Editor. Pilih Computer Configurations > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update
  3. Pilih menu Configure Automatic Updates di jendela sebelah kanan dan klik Edit policy setting. Pilih Disabled kemudian klik tombol Apply lalu OK.
  4. Selesai.

Semoga manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Anonim tidak disetujui.
Jika anda membaca tulisan saya ini maka sangat diharapkan Anda dapat memberi komentar baik berupa kritikan, saran, atau ralat bila ada kesalahan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas komentar Anda.